Siswa Bijak dan Cerdas karena Teknologi


Dengan pesatnya perkembangan jaman, teknologi tidak hanya terdapat di kota-kota besar saja akan tetapi  pelosok-pelosok daerah terpencil pun sudah bisa mencicipinya sehingga  tidak hanya orang kota saja yang tahu apa itu TIK, orang desa pun juga sudah mengetahui manfaat dari TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Teknologi sangat bermanfaat bagi semua orang dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat itu dapat dirasakan bagi setiap orang bila memiliki teknologi. Jenis teknologi yang populer di kalangan masyarakat, yaitu smartphone atau handphone, notebook, laptop, televisi, radio, komputer, dan lainnya. Dari teknologi tersebut, kita bisa menikmati  dan merasakan teknologi yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari. Melalui teknologi, kita mengetahui perkembangan daerah- daerah, baik daerah kita sendiri maupun di luar dari daerah kita bahkan termasuk di luar negeri. Saya sebagai pelajar sangat bersyukur bisa bersekolah di SMA Negeri 2 Rantau Selatan karena sudah mempunyai teknologi walaupun sangat minim. Sekolah saya sudah dilengkapi dengan komputer yang berjumblah 12 unit, tapi hanya 10 unit yang berfungsi dengan baik, dan 2 lagi tidak berfungsi dengan baik. Jika kami masuk pelajaran TIK, kami harus dibagi menjadi dua gelombang. Guru TIK menyarankan kami untuk memakai satu komputer dipakai oleh 2 atau 3 siswa. Hal itu terkadang menghambat proses kegiatan belajar mengajar. Di samping itu, Sekolah SMA Negeri 2 Rantau Selatan terdapat wi-fi hanya saja sinyalnya hanya menjangkau wilayah di sekitar tata usaha saja.
Namun, itu tidak menyurutkan semangat saya dalam belajar TIK, saya harus menguatkan tekat saya dalam belajar menggunakan teknologi di jaman yang canggih ini di era digital, apa lagi mendengar kebijakan pemerintah tentang “persaingan bebas”, membuat para pelajar harus menanamkan prinsip efektifitas, efisiensi dan  profesionalisme,  itu  menjadi tumpuan utama dalam dunia bisnis untuk bersaing di kanca internasional, dapat disimpulkan bahwa orang yang mempunyai keahlian dan mempunyai kelebihanlah yang dapat bersaing. Para perusahaan besar maupun kecil telah meningkatkan sarana pekerjaan meraka menggunakan teknologi  untuk memenuhi standar internasional, kondisi ini mengakibatkan para siswa atau mahasiswa yang memikirkan masa depan mereka, mereka harus berusaha lebih keras untuk mengubah paradigma mereka, dari sekedar seorang pelajar yang mengikat pena dengan jari mereka menjadi seorang yang harus meletakkan jari-jemari di atas papan ketik, karena pelajar tidak hanya bersaing dengan saudara atau saudari setanah air mereka akan tetapi ditambah dengan negara luar.

Maanfaat Teknologi bagi Pelajar

   Sebagai pelajar, saya merasakan manfaat yang hebat dalam penggunaan teknologi di kehidupan sehari-hari  karena teknologi sebagai tempat untuk menumbuhkembangkan bakat atau keterampilan, memberikan pengetahuan dan wawasan, membuka bisnis online, berinteraksi saat berbelanja online, dan membayar tagihan secara online. Pemakaian teknologi yang saya miliki saat ini, yaitu handphone, laptop, dan modem. Teknologi tersebut sangat membantu saya sebagai pelajar karena tugas atau PR dari guru-guru bisa saya kerjakan dengan mudah, contohnya tugas menulis lamaran kerja dari Bu Sovi Asi Simbolon, guru bahasa Indonesia. Tugas lamaran kerja harus dibuat sesuai cita-cita yang didoakan oleh siswa. Tugas tersebut harus dikirim dalam bentuk PDF  melalui email atau gmail
kemudian wajib di share di blogger dan facebook. Dengan tugas ini bisa memberiikan motivasi bagi saya dan teman-teman untuk membuat akun blog dan facebook. Berkat adanya laptop, handphone, dan modem, saya bisa mempelajari tugas yang diberikan beliau. Akhirnya, perkembanganku di media sosial melakukan hal-hal yang positif. Beliau juga menyarankan agar saya berbagi informasi bagi teman-teman yang ada di kelas dalam pembuatan blog. Tugas berikutnya beliau menyarankan kami untuk mengetik soal-soal UN dan SBMPTN. Soal tersebut wajib di share di blog. Proyek pembuatan film yang ditugaskan beliau kepada kami langsung kami kerjakan karena internet salah satu media pembelajaran bagi kami untuk melihat karya- karya pelajar dari berbagai daerah yang ada di dunia. Dengan bantuan internet, kami bisa membuat proyek film pendek yang bertema kejujuran film tersebut wajib ditayangkan di kelas dengan menggunakan infokus sekolah.

Gemar membaca dan menulis adalah tuntutan beliau agar kami memiliki pengetahuan karena membaca adalah jabatan ilmu. Kurikulum berbasis karakter juga mewajibkan pelajar membaca buku setiap pagi sebelum memulai belajar. Buku pelajaran atau yang sering disebut buku paket yang telah tersedia di sekolah-sekolah negeri dan dibagikan secara gratis kepada pelajar secara cuma-cuma, kendalanya buku yang diberikan pada pelajar hanya tersedia satu buku untuk satu meja padahal dalam satu meja terdiri dari dua pelajar, hal ini menyebabkan pelajar tidak dapat membaca buku secara bersamaan apabila setelah pulang sekolah karena yang membawa buku paket secara bergantian.  Sebagai pelajar, saya berusaha  mencari buku dengan jenis yang sama sesuai dengan kurikulum yang berada di internet, contohnya saja BSE (Buku Sekolah Elektronik), dari namanya saja buku tersebut tidak berbentuk kertas namun berbasis online, buku tersebut dibagikan secara gratis untuk pembaca. Dalam seminggu, kami diwajibkan membaca artikel dari koran dua kali seminggu lalu artikel tersebut wajib dicari kosakata asing lalu diartikan. Artikel itu juga wajib disimpulkan sebanyak 2000 karakter. Kesimpulan artikel tersebut wajib dibagikan di facebook masing-masing. Hadirnya teknologi bagi siswa menumbuhkembangkan kemampuannya dalam belajar, baik di sekolah maupun di rumah atau di lingkungan pergaulan. Pemanfaatan teknologi dalam dunia belajar mengunakan komputer dan televisi bisa membuat pengguna semaking bijak dan cerdas. pemanfaatan perangkat teknologi dalam belajar menggunakan komputer juga bisa mengoperasikan perangkat lunak. Perangkat lunak yang sering gunakan yakni microsft word, power point, excel dan persentasi menggukanakan proyektor. Sebagai pelajar kita pasti sudah pernah mengandalkan proyektor ini sebagai alat persentasi sebuah tugas sekolah, proyektor ini memudahkan kita untuk menggambarkan hasil kerja kita, sehingga materi yang kita bawakan mudah dipahami oleh semua orang dan pendengar tidak mudah bosan. Hal ini telah saya praktekkan dalam kehidupan belajar saya yaitu menyusun makalah yang bertema sejarah internet yang dikemas di dalam powerpoint lalu makalah tersebut dipersentasikan didalam kelas menggunakan proyektor.
     
     Di jaman serba digital ini TV (Televisi) tidak mau ketinggalan memberikan manfaat yang banyak membawa perubahan pada dunia. Sebagai pelajar saya juga merasakan manfaat yang diberikan oleh televisi.
Berdasarkan penyelidikan yang pernah dilakukan di Amerika Serikat pada umumnya waktu yang mereka pergunakan melihat televisi lima kali lebih banyak dari pada membaca koran dan sepuluh kali lebih banyak dari pada nonton bioskop dan sebelas kali lebih banyak dari pada membaca majalah. Televisi memang sangat membawa kesan positif , kesan positif yang dimaksud adalah memberikan berbagai pengetahuan yang tidak dapat diperoleh melalui lingkungan terdekat, kita dapat belajar dan memperoleh wawasan baru tentang berbagai hal seperti alam, budaya , teknologi, orang lain, berita, sejarah, negara, dan lain sebagainya. Dengan demikian ilmu yang kita dapat dari televisi sangat banyak, bahkan ilmu yang kita dapat di dari televisi lebih banyak  dari pada di kehidupan sehari-hari kita.

Sebenarnya tidak ada alasan untuk tidak mengetahui internet, karena pesatnya teknologi di zaman ini dapat membuat penggunanya semakin cerdas dan bijaksana.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siswa Bijak dan Cerdas karena Teknologi"

Posting Komentar